Powered By Blogger

Rabu, 31 Agustus 2011

Adakah Kita..?????????????

Setiap benda yang dibuat pasti disertai brosur yang mengatur. Contoh sederhana adalah benda dihadapan kita ini, komputer.

Si pembuat perangkat canggih ini telah menetapkan bahwa tombol power berfungsi untuk menyalakan, ikon shut down berguna untuk mematikan, dan masing-masing tuts yang berbaris pada keyboard memiliki macam-macam peranan.

Jika tombol-tombol yang ada ditekan sembarangan, kabel yang terpasang tidak sesuai dengan kaidah yang ditetapkan atau memory yang disimpan melebihi kapasitas yang disediakan maka sudah tentu si kotak ajaib ini tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Terjadilah istilah hank, not responding, bahkan tidak menutup kemungkinan timbulnya ledakan yang berakibat kerusakan fatal.

Satu hal yang pasti, yang tahu ‘tektek bengek’ komputer ini adalah pembuatnya. Dengan baik hati ia membuatkan brosur untuk dijadikan rujukan sehingga dalam penggunaannya, komputer akan berada pada ‘jalur yang benar’.

Demikian juga manusia. Sang pencipta telah menyertakan ‘brosur’ sebagai pedoman kehidupan. Sang pencipta telah mengutus manusia pilihan sebagai teladan dalam menerapkan isinya. Sang pencipta pulalah yang tahu hakikat makhluk ciptaannya, sehingga tidak ada alasan bagi manusia untuk mengabaikan titahNya dengan argumen 'saya tidak mampu', 'saya belum siap', dan sejenisnya.

Dan sebagai mana komputer tadi, jika tingkah manusia menyalahi ‘brosur’ kehidupannya maka kerusakan adalah hal yang pasti akan ia dituai. Ia pasti akan menuainya di alam fana atau di hari akhir yang abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar